Senin, 17 Maret 2008

Komentar Pentas Teater Keluarga di Media

Pentas Monolog Alibi di Surabaya
Koran Tempo, Senin, 21 Maret 2005

Surabaya - Teater Keluarga dari Surabaya akan menggelar pementasan monolog di Universitas 17 Agustus Surabaya pada Senin (21/3) pukul 19.00. Pentas berjudul Alibi ini merupakan rangkaian pementasan keliling ke beberapa kota di Jawa Timur, seperti di Universitas Brawijaya Malang, Dewan Kesenian Lamongan, dan Dewan Kesenian Bangkalan.

Dalam produksi kali ini, Teater Keluarga berkolaborasi dengan beberapa pekerja teater yang selama ini meramaikan dunia teater Surabaya, seperti sutradara S. Jai, mantan pekerja teater dari Bengkel Muda Surabaya, aktor F. Azis Manna dari Teater Gapus Fakultas Sastra Universitas Airlangga, serta beberapa pekerja teater dan pemerhati seni dan teater di Surabaya.

Lakon ini menuturkan masalah korupsi, dengan perspektif keluarga. Dari ihwal keluarga, yang mendasar pada peran bapak, dimulailah persentuhan dengan simpul-simpul kehidupan. Tentang hubungan antara bapak dan anak, istri, tetangga, masyarakat, negara, ilmu pengetahuan, bahkan dengan kebudayaan.

Konsep teater berdurasi 180 menit ini adalah "teater tutur" yang mengadopsi beberapa model pertunjukan tradisional, seperti konsep dalang, terutama wayang kulit dan kentrung. Berbagai ornamen pertunjukan tradisional dilibatkan, seperti masuknya jejer dan suluk.(f dewi ria utari)

Tidak ada komentar: